Jadwal Pelatihan Kurikulum 2013 Kemdikbud

Jadwal Pelatihan Kurikulum 2013 Kemdikbud--
KOMPAS.com - Pelatihan guru yang sudah dijadwalkan akan segera berjalan setelah anggaran kurikulum 2013 sebesar Rp 829 miliar disetujui oleh DPR RI. Sesuai jadwal yang dibuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pelatihan guru sasaran sebanyak 55.762 orang akan dilaksanakan selama lima hari yaitu dari tanggal 8-13 Juli.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa pelatihan guru ini tidak berhenti di sini saja melainkan akan terus dilakukan secara berkelanjutan. Kemudian akan dilakukan pendampingan saat mulai implementasi sehingga dapat dipantau.
"Kami akan terus mendampingi dan ada proses evaluasi yang akan dilakukan juga," kata Nuh di Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Berdasarkan jadwal dari Kemdikbud, mulai tanggal 4-8 Juni para instruktur nasional akan dilatih. Kemudian dilanjutkan oleh pelatihan bagi guru inti pada 11-22 Juni. Selanjutnya, pelatihan guru sasaran pada 8-13 Juli dan implementasi pada 15 Juli.
"Semuanya sudah disiapkan. Sekarang kalau dibandingkan dengan KTSP, apa ada persiapan guru," ujar Nuh.

Pendampingan

Pelatihan yang berlangsung selama satu minggu tersebut, menurut Nuh, hanya merupakan pintu masuk bagi dimulainya Kurikulum 2013. Setelah kegiatan belajar berjalan, pada pertengahan semester, tetap akan diberi pendampingan.

Materi pelatihan tidak banyak berbeda dengan apa yang biasa dilakukan para guru saat mengajar. Hanya ada perubahan filosofi kurikulum yang harus diketahui para guru sehingga cara mengajar lebih komprehensif dan merangsang siswa untuk kreatif serta mengerti berbagai nilai yang baik.

Untuk itu, pada Kurikulum 2013 diterapkan mata pelajaran Budi Pekerti yang berdampingan dengan Pendidikan Agama. Kemuliaan yang ada dalam agama, kata Nuh, menjadi sumber inspirasi bagi perilaku sosial. Dengan demikian, agama menjadi fungsional, tidak hanya ritus antara manusia dan Tuhannya.

kompas.com
31 Mei 2013
  •