Masalah yang Sering Muncul Ketika Memperbaiki Dapodik (Data PTK) yang Bermasalah, Berikut Solusinya

Kali ini Pelajaran Bahasa Indonesia di Jari Kamu berbagi info tentang kutipan berita pendidikan: Masalah yang Sering Muncul Ketika Memperbaiki Dapodik (Data PTK) yang Bermasalah, Berikut Solusinya--
Mulai tahun 2013, semua hal yang berkaitan dengan tunjangan atau bantuan pemerintah baik itu BOS, BSM, Tunjangan Fungsional, maupun Tunjangan Profesi, harus berdasarkan Dapodik yang telah dikirim melalui Pendataan Sekolah secara online.

Karena sistem Dapodik ini merupakan hal yang baru sehingga masih banyak rekan PTK (termasuk saya), operator dapodik, ataupun pihak sekolah yang belum memahami bahkan kurang informasi tentang cara melengkapi dan memperbaiki data.


CARA UPDATE DAPODIK SEMESTER 2

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang berarti dalam mengisi data di semester dua ini. Kita hanya cukup mengganti pilihan semester dua pada saat login di aplikasi. Setelah berhasil masuk, kemudian kita dapat melihat data-data yang sudah terisi sebelumnya dan data-data yang belum ada dan perlu diisi kembali. Ketika melihat data, seolah-olah data tidak ada bedanya dengan data semester satu, hampir sama, karena data sebagian besar sudah terisi. Namun jangan senang dulu, karena sebenarnya data memang perlu diupdate. Terutama data PTK dan data rombongan belajar.
Silakan mapping (drag n drop) kembali untuk peserta didik dan ptk mengajar pada rombongan belajar untuk semester II tahun ajaran 2012-2013. Dan pastikan telah menggunakan Aplikasi yang terbaru yaitu versi 1.13.0.1. Karena data yang akan diterima dan digunakan adalah dari aplikasi versi tersebut.

MASALAH YANG MUNGKIN TIMBUL:

Untuk Data sekolah : profil, sarana, prasarana, blockgrant, yayasan masih tetap sama, kecuali pada data Rombongan Belajar yang kembali kosong. Pada menu kolom Rombel inilah kita harus mengisi ulang data peserta didik, PTK mengajar, peserta didik keluar pada rombel-rombel tersebut.
Jika pada saat pengisian data PTK mengajar pada kolom rombel dengan cara mendrag, ternyata data tidak dapat didrag padahal data sudah tersedia.

Ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan yaitu ...
- Melakukan export dan import data PTK pada tabel utama PTK
- Pada rincian PTK, Riwayat Terdaftar utk kolom sekolah harus diisi secara online (diisi sesuai database sekolah pada aplikasi).
- Tekan tombol refresh yang ada pada tab PTK
- Jika cara tersebut masih gagal, hapus data tersebut kemudian input ulang
Gunakan salah satu cara yang dianggap mudah, dan lalu coba isi lagi data rombel.

1. Point 8-9 tidak valid, nama pangkat golongan dan TMT gol kosong/tidak sesuai.
Kemungkinan kesalahan : pengisian pada pangkat, golongan, jabatan fungsional, TMT awal-akhir
Cara memperbaiki : isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK Inpassing untuk Non PNS

2. Point 10, tugas tambahan kosong, jika anda mempunyai tugas tambahan.
Kemungkinan kesalahan : pada kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom riwayat terdaftar

Cara memperbaiki :
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

3. Point 17 tidak valid, id bidang studi sertifikasi kosong
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG, bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi.
Cara memperbaiki : cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah memiliki NRG adalah peserta sertifikasi <2011 data-blogger-escaped-p="p">

4. Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar

Cara memperbaiki :
- isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
- Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
- Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

5. Point 15, gaji pokok kosong untuk PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala.

Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

6. Point 15, gaji pokok kosong untuk Non PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala, no. SK Inpassing
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

7. Point 18, tahun pensiun kosong, atau sudah terlewati
Kemungkinan kesalahan : pengisian data tanggal lahir, TMT
Cara memperbaiki : isi tanggal lahir dengan benar

BEBERAPA PERTANYAAN SEPUTAR UPDATE DAN PERBAIKAN PENGISIAN APLIKASI DAPODIK

Banyaknya data PTK yang masih dianggap belum valid, dan banyaknya pertanyaan bagaimana cara memperbaikinya, mudah-mudahan dapat terjawab dan terselesaikan melalui arsip ini yang merupakan pengalaman admin dan beberapa yang dikutip dari berbagai sumber:

  1. Apa penyebab jam linier ttp kosong????
    Sebabnya :
    1. jam mengajar tdk sesuai dg sertifikat
    2. kode sertifikasi tdk valid
    3. kode mata pelajaran tdk sama dg kode sertifikasi
    4. belum sinkronisasi data dr dapodik
  2. Bagaimana cara perbaikan data di database NRG nya?
    NRG dari pusat jika kt pny sertifikat pendidik
  3. Mengapa jumlah jam mengajar guru olah raga masih 0 padahal di setiap rombel sudah di masukan nama ptk dan jml jam nya di setiap rombel kelas?
    SD atau SMP,utk nama mapel, PTK, jangan diketik manual,pilih di daftar.
  4. Jika saya mengajar di dua sekolah bagaimana cra pelaporannya ke Dapodik?
    Pada Aplikasi Pendataan Dapodik pada kolom riwayat mengajar dimasukkan sekoah induk dan sekolah bukan induk anda. Dan begitu juga sebaliknya pada sekolah bukan induk data anda juga harus dimasukkan. Kemudian dikirim lagi ke server pusat.
  5. Mengapa stlah sya update data yg jmlh rombelx 14 rombel tp di data progres ttp saja trcantum tgl sblumx dngn jmlh rombel 12?
    Cek lg status pengiriman pengiriman terakhir.
  6. Sekolah kami masih perbaikan data smt 1. KS kami sertifikat Guru Kelas dan untuk memenuhi JJM beliau ngajar PKn. Dalam pengisian Rombel diisi sebagai guru PKn,ternyata setelah di cek ternyata no. 20 tetap 18 jam. Apa yang seharusnya diisi?
    Sesuaikan dg struktur KTSP SD dan berdasarkan pembagian tugas guru yg sebenarnya
  7. Mengapa di kolom 17 dan 19 itu masih FATAL sebenarnya kami sudah isi?
    Kalau data memang sdh benar, tinggal tunggu proses transfer data di p2tk
  8. Bagaimana kalau tidak bisa login dengan keterangan password (tanggal lahir) salah? kemungkinan ada kesalahan dalam input tanggal lahir?
    Edit lewat aplikasi pendataan di sekolah oleh operator dapodik sekolah
  9. Saya sudah entri data lengkap dan dikirim dengan status cek konversi( data yang telah diterima sempurna...) ttp dicek p2tk nomor 20 fatal. bagaimana memperbaikinya?Tunggu sampai status BERHASIL DIPROSES
  10. Bagaimana cara men drag ptk mengajar?
    Masuk data tab PTK, klik PTK, klik ubah rincian pd tab riwayat terdaftar, tulis nama sekolah, tetapi harus online, nanti nama sekolah tinggal pilih dari database yag tersedia.
  11. Saya mengajar ipa terpadu 15 jam di tambah tugas tambahan sbg kepala laboratorium ipa,tapi di data yg muncul tugas tambahan kosong..shg.jjm saya belum mencukupi. Bagaimana solusinya?
    Untuk guru dengan tugas tambahan Kep. Lab. diisi selain diisi pd kolom tugas Tambahan, diisi juga pada riwayat terdaftar sebagai guru dan jabatan tugas tambahan Kep. Lab
  12. Bagaimana cara memperbaiki JJM yang diisi di Dapodik sudah 24 jam namun bagi Kepsek ternyata masih diakui 18 jam?
    Cek pd formulir PTK, kolom jabatan hrp diisi kepala sekolah,pd riwayat terdaftar diisi kepsek+guru
  13. Saya sudah upload data melalui aplikasi, tetapi diregistrasi pengiriman, baru diterima via aplikasi, tetapi data di p2tk belum ada perubahan.bagaimana solusinya?Tunggu smpai status berhasil diproses, stlh itu akan ditranfer data ke P2TK
  14. Data telah diuploud beberapa waktu yang lalu. Tetapi mengapa data verifikasi belum juga berubah. Saya seorang Kepala Sekolah yang tlah diakumulasi sejumlah 18 Jam Mengajar. Ditambah mengajar klas 4,5 dan 6 pada mata pelajaran bahasa Daerah tetapi JJM guru klas 4,5 dan 6 tidak/belum dihitung/diakui?
    Cek :pd form PTK,dikolom jabatan isi Kepsek,jabtn seblmnya isi Guru. pd riwyt trdftar,isi 1. kepsek 2.guru atau cek pd data rombel sdh msk blm di PTK mengajar.
  15. Untuk poin ke 10 kalau tugas tambahan buat guru lainya itu diisi di pendataan di kolom apa?
    Pd kolom riwayat terdaftar diisi 2, yaitu guru dan jabatan lain msl kep.lab. pd kolom tugas tambahan diisi dan jumlah jamnya
  16. Bgmn dg data semester 1 yg blm valid apa bisa di betulkan di aplikasi semester 2?Bisa dilakukan
  17. Status pengiriman sekolah kami "PENDING", Bagaimana solusinya?
    Pending berarti ada kesalahan, mungkin ada 2 PTK yg ID nya sama, atau ID sekolah dobel..nanti sdg diperbaiki
  18. Kalau memasukkan data ptk sudah online, trus ngedrag ptk ke rombel pa hrus online juga?
    Tak online juga bisa

Panduan:
http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi
Keluh kesah seputar DAPODIK silahkan kunjungi link ini:
116.66.201.161:81