Meningkatkan Kecepatan Membaca dan Kemampuan Memahami Isi Bacaan

Meningkatkan Kecepatan Membaca dan Kemampuan Memahami Isi Bacaan--
1. Metode Gerak Mata
Dalam metode gerak mata, kita membaca dengan memperluas jangkauan mata dan mengurangi regresi atau pengulangan. Saat membaca, usahakan gerakan mata terarah kepada kata-kata yang tertulis atau tercetak untuk mendapatkan makna bacaan secara cepat dan tepat. Bacalah teks dalam hati dengan memperluas pandangan jangkauan mata. Mata dan otak harus bekerja sama agar kamu mendapatkan informasi.
Usahakan jangan sampai mengulang kata atau kalimat yang sudah kamu baca karena hal itu akan menghambat kecepatan membaca dan mengganggu memahami isi bacaan.

2. Menghilangkan Kebiasaan Membaca dengan Bersuara
Membaca dengan bersuara harus kamu hindari. Usahakan tidak membaca dengan bersuara atau dengan mulut bergerak-gerak seperti akan menyuarakan sesuatu.
Membaca dengan bersuara juga akan mengurangi konsentrasi karena otak kita melakukan empat pekerjaan sekaligus, yaitu membaca, bersuara, mendengar, dan memahami bacaan.
Selain itu, jangan menggunakan wajah, tangan, dan alat lain untuk menunjuk kata demi kata dalam bacaan agar tidak memperlambat bacaan. Jika kamu mempunyai kebiasaan membaca dengan bersuara, kurangi dengan cara mengunyah sesuatu saat membaca.

3. Meningkatkan Konsentrasi
Jika sudah terlatih, kamu akan bisa berkonsentrasi membaca dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, latihlah konsentrasimu. Dalam berkonsentrasi, fokuskan mata, pikiran, maupun hati pada isi bacaan. Jangan memikirkan banyak hal saat membaca dan hindari memberikan pendapatmu sendiri ketika sedang membaca. Kamu harus bersungguh-sungguh dalam membaca agar bisa memahami isi bacaan dengan lebih maksimal.
Suka artikel ini?