Iklan Kolom dan Iklan Baris (Definisi dan Contohnya)

Iklan Kolom dan Iklan Baris (Definisi dan Contohnya)-- Seperti yang telah dibahas di arsip sebelumnya, berdasarkan ruang atau ukurannya, iklan dibedakan menjadi iklan kolom dan iklan baris. Kolom atau lajur adalah bagian vertikal pada halaman cetak yang dipisahkan oleh garis tebal atau ruang kosong; ruang antara dua garis tegak pada lembar kertas atau halaman buku.

Iklan Kolom
Iklan kolom (display) terdiri atas ilustrasi/ gambar atau foto atau bagan) dan kata-kata.
Iklan kolom dilihat dari ukurannya lebih besar daripada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran, untuk menarik perhatian pembaca.
Iklan kolom berisi penawaran, ajakan, dan rayuan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Di dalam iklan kolom, ada juga iklan pribadi atau keluarga yang berisi informasi atau pemberitahuan kepada umum, misalnya iklan tentang berita pernikahan, berita dukacita, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Selain itu, ada juga iklan layanan masyarakat yang disampaikan oleh pemerintah, misalnya iklan keluarga berencana, kampanye bahaya narkoba, dan sebagainya.

Contoh iklan kolom:

Iklan Baris
Iklan baris adalah iklan singkat yang hanya terdiri atas beberapa baris di dalam
sebuah kolom. Biasanya, iklan baris ada di sebuah kolom khusus yang berisi berbagai
penawaran, seperti rumah yang disewakan/dikontrakkan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan/pencarian barang, penawaran jasa, dan sebagainya.
Dalam iklan baris, jumlah ruang yang disediakan sangat terbatas. oleh karena itu, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya pemasangan. Biaya iklan baris dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang (cm), dan untuk berapa kali diterbitkan.
Iklan baris menggunakan bahasa singkat dan padat serta disusun berdasarkan golongan yang sama. Iklan lowongan pekerjaan masuk ke kolom lowongan pekerjaan, sementara iklan penjualan rumah masuk ke kolom properti atau rumah dijual.
Meskipun ditulis singkat serta menggunakan banyak singkatan, isi iklan harus dapat atau mudah dipahami oleh pembaca. Informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca memahami iklan yang ditawarkan. Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan, harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.

Contoh iklan baris: