Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Mata Pelajaran B.Indonesia SMP (Kompetensi Pedagogik)

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Mata Pelajaran B.Indonesia SMP (Kompetensi Pedagogik)-- Banyak kisi-kisi UKG yang beredar, ternyata saya menemukan kisi-kisi di bawah ini yang benar (Posting ini sekaligus melengkapi arsip kisi-kisi sebelumnya):
Uji Kompetensi Guru terdiri atas dua kompetensi yang dinilai:
1. Kompetensi Pedagogik
2. Kompetensi Profesional
(Silakan klik)

1. KOMPETENSI PEDAGOGIK

Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi):
1.1 Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual

Kompetensi Guru Mata pelajaran(Kompetensi Dasar)
1.1.1 memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional,moral,spiritual,dan latar belakang sosial-budaya
INDIKATOR: Diberi jenis karakteristik peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia), guru dapat mengidentifikasikannya dengan benar.
1.1.2 Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi kasus peserta didik dengan potensi tertentu dalam pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat mengidentifikasikan ya dengan benar.
1.1.3 Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi suatu topik pembelajaran bahasa Indonesia untuk pembelajaran teks tertentu, guru dapat menentukan bekal-ajar awal yang diperlukan peserta didik
1.1.4 Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi contoh tulisan siswa yang mengandung kesalahan tertentu, guru dapat menentukan kesulitan peserta didik dalam mempelajari keterampilan berbahasa Indonesia.

1.2.1 Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi ciri-ciri teori belajar tertentu dalam pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menentukan teori belajar yang dimaksud.
1.2.2 Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberikan suatu rumusan KD, indikator atau tujuan pembelajaran bahasa Indonesia tertentu, guru dapat menentukan pendekatan, strategi, metode, atau teknik pembelajaran yang akan dipergunakan.

Kompetensi Inti:
1.3 Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.

Kompetensi Dasar:
1.3.1 Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
INDIKATOR: Diberi pertanyaan tentang prinsip pengembangan kurikulum, guru dapat menentukan pilihan yang bukan termasuk prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
1.3.2 Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi suatu rumusan indikator pencapaian suatu KD pembelajaran bahasa Indonesia tertentu, guru dapat menentukan rumusan tujuan pembelajaran yang sesuai.
1.3.3 Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi suatu rumusan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia tertentu, guru dapat menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.
1.3.4 Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
INDIKATOR: Diberi suatu rumusan tujuan dan pengalaman belajar bahasa Indonesia tertentu, guru dapat menentukan materi pembelajaran yang sesuai.
1.3.5 Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik.
INDIKATOR: Diberi suatu deskripsi pendekatan yang dipilih dan karakteristik pembelajar bahasa Indonesia, guru dapat menentukan rancangan materi pembelajaran yang benar dan sesuai.
1.3.6 Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
INDIKATOR: Diberi suatu rumusan indikator pencapaian suatu KD atau tujuan pembelajaran bahasa Indonesia tertentu, guru dapat menentukan teknik dan instrumen penilaian yang dikembangkan.

Kompetensi Inti: 1.4 Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

Kompetensi Dasar:
1.4.1 Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
INDIKATOR: Diberi pernyataan tentang rancangan pembelajaran, guru dapat menentukan pilihan langkah-langkah rancangan pembelajaran.
1.4.2 Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
INDIKATOR: Diberi deskripsi suatu komponen RPP, guru dapat menentukan pilihan yang menggambarkan pengembangan komponen tersebut.
1.4.3 Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.
INDIKATOR: Diberi standar kompetensi dan kompetensi dasar, guru dapat mengembangkan indikatornya
1.4.4 Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
INDIKATOR: Diberi indikator sebuah pembelajaran, guru dapat menentukan Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi dari sebuah kegiatan pembelajaran.
1.4.5 Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
INDIKATOR: Diberikan deskripsi karakteristik pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menentukan pilihan media yang tepat sesuai dengan materi atau topik yang menjadi pokok bahasan
1.4.6 Mengambil keputusan transaksional dalam pembelajaran yang diampu sesuai dengan situasi yang berkembang.
INDIKATOR: Diberi suatu kasus pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menentukan keputusan transaksional yang tepat sesuai dengan masalahnya.

Kompetensi Inti: 1.5 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.
KD
1.5.1 Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi deskripsi kegiatan pembelajaran keterampilan bahasa Indonesia, guru dapat menentukan pilihan teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai.

Kompetensi Inti:
1.6 Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
1.6.1 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
INDIKATOR: Diberikan deskripsi karakteristik pembelajar bahasa Indonesia, guru dapat menentukan pilihan kegiatan pembelajaran yang dapat mendorong terjadinya aktualisasi potensi dan kreativitasnya.
1.6.2 Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya.
INDIKATOR: Diberikan rumusan pembelajaran, guru dapat menentukan kegiatan yang mencerminkan aktualisasi potensi dan kreativitsnya
1.7 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
1.7.1 Memahami berbagai strategi berkomunikasi yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan, tulisan, dan/atau bentuk lain.
INDIKATOR: Diberikan tujuan pembelajaran, guru dapat mengidentifikasi strategi komunikasi pembelajaran
1.7.2 Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.
INDIKATOR: Disediakan sebuah kasus, guru dapat menentukan dialog yang tepat terhadap kasus tersebut

1.8 Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
1.8.1 Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Ditanyakan karakteristik tes bahasa yang baik, guru dapat menentukan pilihan ciri-ciri tes yang baik.
1.8.2 Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Ditanyakan aspek-aspek yang perlu dievaluasi dalam suatu kegiatan pembelajaran (misalnya Group Discussion), guru dapat menentukan aspek-aspek proses yang penting untuk dinilai
1.8.3 Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
INDIKATOR: Dijabarkan sebuah pembelajaran keterampilan berbicara, guru dapat mengidentifikasi karakter penilaian berbicara tersebut
1.8.4 Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
INDIKATOR: Guru dapat mengembangkan instrument penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
1.8.5 Mengadministrasikan penilaian proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan mengunakan berbagai instrumen.
1.8.6 Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan.
INDIKATOR: Guru dapat menentukan tingkat kesukaran soal
1.8.7 Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.

1.9 Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.
1.9.1 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
INDIKATOR: Diberikan data penilaian Pembelaran, guru dapat menafsirkan hasil penilaian proses dan hasil belajar
1.9.2 Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.
INDIKATOR: Diberi paparan data hasil penilaian proses dan hasil pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menentukan manfaat paparan untuk menentukan tujuan tertentu.
1.9.3 Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.
INDIKATOR: Diberikan difinisi sebuah tes, guru dapat mengidentifikasi jenis tes
1.9.4 Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
INDIKATOR: Disajikan data dan hasil penilaian pembelajaran, guru dapat menggunakan hasil informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa

1.10 Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
1.10.1 Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
1.10.2 Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
1.10.3 Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
INDIKATOR: Diberi deskripsi kasus dalam suatu pembelajaran bahasa Indonesia, guru dapat menentukan rumusan judul PTK yang paling sesuai.


Bersambung ke Kisi-kisi Soal UKG Kompetensi Profesional
Sumber: http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/ukguru/index.php?pg=kisi
30 Juli 2012
  •