Makna Awalan me- pada Kata Merumput | Cannavaro, Pires, dan Denilson akan "Merumput" di Indonesia

Makna Awalan me- pada Kata Merumput | Cannavaro, Pires, dan Denilson akan "Merumput" di Indonesia--- Cannavaro, Pires, dan Denilson akan "merumput" di Indonesia? Ah yang benar? Bukankah mereka masih produktif sebagai pemain sepakbola? Terlebih lagi, mereka adalah pemain bola berlabel level dunia yang bahkan telah merasakan nikmatnya sebagai juara Piala Dunia. Buat apa merumput di Indonesia?

Hhaha, mereka bukan mau mencari rumput. Merumput yang dimaksudkan di sini adalah mereka akan merasakan rumput di Indonesia dalam sebuah ajang bertajuk Even Starbol Indonesia 2012 yang dipromotori oleh Morstar Indonesia. Ya mereka akan datang ke Indonesia, bukan merumput dalam arti mencari rumput namun akan berlaga di lapangan hijau Indonesia.

Dalam B.Indonesia, kata merumput memang mengandung makna gramatikal mencari rumput. Untuk jelasnya dapat dilihat pada keterangan berikut:

Makna mencari, contoh: merumput (mencari rumput)
Makna melakukan perbuatan, contoh: memutar (melakukan putaran)
Makna berlaku seperti, contoh: membabi-buta (seperti babi buta)
Makna menjadi, contoh: memerah (menjadi merah)
Makna menuju ke-, contoh: menepi (menuju ke tepi)
Makna mengerjakan dengan alat, contoh: memancing (mengerjakan dengan pancing)
Makna membuat, contoh: menyambal (membuat sambal)
Makna dalam keadaan, contoh: mengantuk (dalam keadaan kantuk)
Makna mengisap/minum, contoh: merokok (mengisap rokok)
Makna mengeluarkan, contoh menyanyi (mengeluarkan nyanyian)

Fungsi awalan me-: membentuk kata kerja aktif.

Untuk kasus judul headline Tribunnews.com tersebut (Cannavaro, Pires, dan Denilson akan "merumput" di Indonesia), kata merumput diberi tanda petik. Fungsi tanda petik di sini adalah menjelaskan bahwa merumput yang dimaksud dalam makna kias, bukan makna gramatikalnya. Begitu......

Sumber foto: Net

Suka artikel ini?