CONTOH SOAL SMA | Menyampaikan Kritik, Saran, dan Sanggahan yang Logis dalam Diskusi

Perhatikan saran berikut dalam diskusi!
Dalam diskusi Panitia Pelaksana Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru, Saudara Pepen selaku ketua seksi 8 yang membidangi Olahraga dan Kesenian, menyarankan bahwa selama kegiatan MPLS, siswa baru, harus datang pada pukul 05.00 untuk melakukan olahraga kebugaran sebelum mengikuti kegiatan materi MPLS. Saran Saudara Pepen itu disanggah oleh Saudara Sofyan selaku ketua seksi 3 yang membidangi Bela Negara.
Kalimat sanggahan yang logis yang disampaikan Saudara Sofyan adalah …
A. Saya tidak setuju semua siswa baru selama kegiatan MPLS harus datang pada pukul 05.00, karena terlalu pagi dan merepotkan.
B. Saya tidak menyetujui semua saran yang diajukan Saudara Pepen, mengingat akan merepotkan semua pihak termasuk para orang tua.
C. Saya kurang setuju, sebaiknya kegiatan olahraga kebugaran tidak harus dilaksanakan pada pukul 05,00, tetapi dapat dijadwalkan beberapa menit setiap kali pergantian materi MPLS.
D. Saya keberatan, olahraga kebugaran dilaksanakan pada pukul 05.00 mengingat akan mengganggu aktivitas panitia yang lain.
E. Saya berpendapat lain dari Saudara Pepen. Untuk olahraga kebugaran itu tetap dilaksanakan setiap pagi sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yaitu pukul 05.00.

Jawaban: C
Pembahasan:
Jawaban A, B, dan D tanpa memberikan solusi sedangkan jawaban E menyanggah namun sepertinya setuju.
10 Januari 2012
  •