Definisi dan Contoh: PARAGRAF INERATIF | Musibah Saipul Jamil

Artikel ini terutama ditujukan kepada Sheren Wijaya atas pertanyaan yang diajukannya di halaman Pelajaran B.Indonesia di Jari Kamu dalam Facebook mengenai paragraf ineratif.

Paragraf Ineratif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di tengah paragraf. Biasanya diawali dengan gagasan penjelas sebagai pengantar, lalu disajikan gagasan utama sebagai puncaknya. Setelah itu masih dilanjutkan dengan gagasan penjelas.

Bandingkan paragraf deduktif ini (ide pokok berada di awal) dengan paragraf ineratif di bawahnya:

Lebaran tahun ini, musibah melanda artis Saipul Jamil. Sepulang mudik, mobilnya mengalami kecelakaan dan menewaskan istri tercintanya, Virginia. Saipul sendiri dan beberapa penumpang lainnya selamat walau luka-luka. Namun, ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, kemalangan Saipul masih berlanjut. Ia ditetapkan sebagai tersangka atas musibah yang dialaminya. Padahal, Saipul sudah bersumpah, dia tidak dalam keadaan mengantuk. Saat peristiwa kecelakaan terjadi, ia dalam kondisi bugar.

Contoh paragraf ineratif:
Sepulang mudik, mobil Saipul Jamil mengalami kecelakaan di Tol Padalarang Km 97 arah Jakarta. Malang baginya, kecelakaan itu menewaskan istri tercintanya, Virginia. Saipul sendiri dan beberapa penumpang lainnya selamat walau luka-luka. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, musibah yang dialami Saipul bak tak ada hentinya. Ia ditetapkan sebagai tersangka atas musibah yang dialaminya. Padahal, Saipul sudah bersumpah, dia tidak dalam keadaan mengantuk. Saat peristiwa kecelakaan terjadi, ia dalam kondisi bugar.

Kalimat penjelas 1:
Sepulang mudik, mobil Saipul Jamil mengalami kecelakaan di Tol Padalarang Km 97 arah Jakarta.

Kalimat penjelas 2:
Malang baginya, kecelakaan itu menewaskan istri tercintanya, Virginia.

Kalimat penjelas 3:
Saipul sendiri dan beberapa penumpang lainnya selamat walau luka-luka.

Kalimat utama:
Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga pula, musibah yang dialami Saipul bak tak ada hentinya.


Kalimat penjelas 4:
Ia ditetapkan sebagai tersangka atas musibah yang dialaminya.

Kalimat penjelas 5:
Padahal, Saipul sudah bersumpah, dia tidak dalam keadaan mengantuk.

Kalimat penjelas 6:
Saat peristiwa kecelakaan terjadi, ia dalam kondisi bugar.

Semoga dapat dipahami dan selamat belajar.....

Sumber foto: Google