SOAL | Menentukan Kalimat Utama


SOAL 1
Perayaan Tahun Baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. (2) Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. (3) Kerusakan taman ini seperti terlihat di kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. (4) Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas. Dalam paragraf, kalimat utama biasanya terletak pada awal atau akhir paragraf.
Pada paragraf tersebut kalimat utama dirujuk dengan kata kunci: Perayaan … meninggalkan sejumlah persoalan (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai kata “... persoalan ini, … rusaknya sejumlah taman (kalimat kedua), … taman ini … (kalimat ketiga), … tanaman hias … tersebut ... (kalimat keempat),.

SOAL 2.
(1) Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta. (2) Mesin buatan Amerika Serikat itu diduga diproduksi pada tahun1952. (3) Bangkai pesawat yang sudah berkarat dan dipenuhi karang itu berupa badan, sayap kanan, ekor, dan tiga roda. (4) Pesawat tersebut awalnya ditemukan dalam kondisi utuh.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :

Kalimat utama: kalimat yang menjadi tempat keberadaan gagasan utama. Kalimat utama dapat pula disebut kalimat pokok. Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.

Kata kunci: Sebuah bangkai pesawat ditemukan di Kepulauan Seribu, Jakarta (kalimat pertama). Didukung kalimat penjelas yang ditandai Mesin buatan Amerika Serikat itu ....(kalimat kedua), Bangkai pesawat ...... itu .… (kalimat ketiga), Pesawat tersebut ....(kalimat keempat).

SOAL 3:
(1) Mengenang pahlawan yang berjasa bagi bangsa dan negara, sudah sewajarnya kita lakukan, sebab tanpa mereka itu kita yang hidup di zaman ini tidak mungkin mengisi kemerdekaan. (2) Tugas kita mengisi kemerdekaan itu sesuai profesi kita masing-masing sebagai pelajar. (3) Semangat juang para pahlawan bangsa itu, hendaknya dijabarkan menjadi kerja keras belajar meraih cita-cita. (4) Adalah keliru apabila kita terlena dan hanya berhura-hura saja.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)


KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Kalimat utama merupakan kalimat yang isinya bersifat umum dan didukung kalimat penjelas.
Kata kunci: … mengisi kemerdekaan (kalimat 1=umum); tugas … mengisi kemerdekaan itu (kalimat 2= khusus);


SOAL-SOAL LAINNYA:
Soal 1:
Manusia harus dapat memelihara dan menyelaraskan hubungan antara sesamanya. Kehidupan kita tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Lingkungan alam sekitar saling bergantungan. Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial.
Kalimat topik paragraf tersebut tercermin pada kalimat . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat

Soal 2:
(1) Salah satu peralatan dalam berkendaraan yang penting adalah helm. (2) Para pengendara seringkali kurang memperhatikan hal itu. (3) Mereka kurang memperhatikan bahwa kenyamanan dan keselamatan dalam berkendaraan juga ditentukan oleh pamakaian helm. (4) Oleh karena itu, para pengendara perlu memperhatikan pemakaian helm standar untuk menjaga keselamatan pengendara.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor....
A.(1)
B.(2)
C.(3)
D.(4)


Suka artikel ini?