Pola Pengembangan Paragraf

Pola Pengembangan Paragraf--- Pola Pengembangan Paragraf meliputi:

a. Pengembangan Contoh
b. Definisi
c. Klasifikasi
d. Umum-khusus
e. Khusus-umum
f. Sebab-akibat
g. Klimaks
h. Antiklimaks
i. Perbandingan-pertentangan

Sekarang yuk berlatih menentukan pola pengembangan paragraf-paragraf berikut:

Paragraf 1:
Perempuan yang berdiri di pintu stasiun itu memang cantik. Alisnya tebal, matanya bulat, dan hidungnya mancung. Kulitnya putih bersih dan rambutnya hitam panjang tergerai. Tak salah kitanya banyak orang yang jatuh hati padanya.

Paragraf 2:
Jika orang hendak membagi bahasa Melayu ataupun bahasa Indonesia, pastilah tidak cukup apabila hanya dibagi atas bahasa Melayu rendah dan bahasa Melayu tinggi. Pun tidak bisa dibagi menjadi bahasa dalam, bahasa bangsawan, bahasa dagang, dan bahasa kacukan.

Paragraf 3:
Wawasan nusantara merupakan suatu pandangan yang menyeluruh tentang tanah air, bangsa, dan negara Indonesia yang meliputi wawasan ideologi politik, sosial, budaya, serta pertambahan keamanan sebagai satu kesatuan yang utuh.

Paragraf 4:
Rumah yang baru dibangun itu tampak gagah berdiri. Gayanya oriental namun tetap modern dengan pintu dan jendela yang artistik. Warnanya pun sangat serasi dipandang mata. Namun pemandangan di samping kiri dan kanan rumah itu sungguh bagaikan langit dengan bumi.

Paragraf 5:
Langkah-langkah disiplin perlu dilakukan. Ketidakdisiplinan terjadi melalui proses erosi yang berlangsung cukup lama. Penanggulangannya pun perlu dilakukan sedikit demi sedikit. Itu berarti bahwa erosi disiplin perlu diatasi dengan proses sedimentasi disiplin. Melalui proses sedimentasi disiplin, sedikit demi sedikit nilai-nilai kedisiplinan diendapkan ke dalam amsyarakat.

Paragraf 6:
Sebagai negeri bahari, nusantara ini delapan puluh persen wilayahnya terdiri dari laut. Hanya sebagian kecil saja yang merupakan daratan. Gugusan pulau-pulau besar kecil yang jumlahnya ribuan itu bagaikan untaian zamrud khatulistiwa. Garis pantainya amat panjang dan dilengkapi dengan pelabuhan-pelabuhan alam. Itulah sebabnya, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dibandingkan dengan Inggris, Jepang, dan Filipina.

Jawaban: 1.Klimaks, 2.Klasifikasi, 3.Definisi, 4.Antiklimaks, 5.Umum-khusus, 6.Khusus-umum