SOAL | Menjawab Pertanyaan Bacaan


Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.

Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.

Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul. Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.

Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.

1) Unsur apa sajakah yang ada di dalam lingkungan hidup?
3) Bagaimanakah cara menjaga lingkungan hidup?
4) Bagaimanakah ciri ekosistem yang terjaga?
5) Manfaat apakah yang diperoleh dari alam yang terpelihara?

Pengelola restoran Tanjung Puri, Suriansyah, mengatakan, sepinya pengunjung ke obyek wisata itu disebabkanlokasinya yang cukup jauh dari kota Tanjung. Akibatnya warga Tanjung malas ke sana kalau hanya sekadar makan atau jalan-jalan. Di satu sisi memang daya tarik yang ditawarkan juga hanya pemandangan hutan dan danau, tidak ada fasilitas lainnya.
Mengapa Tanjung Puri sepi pengunjung?
Jawaban atas pertanyan di atas yang sesuai dengan isi bacaan adalah . . .
a.Karena Suriansyah yang mengatakan.
b.Karena lokasinya jauh dari kota.
c.Karena warga Tanjung malas ke sana.
d.Karena warga Tanjung tidak suka makan-makan.

Banyak bank melakukan promosi untuk menarik nasabah, salah satunya adalah bank Executive. Untuk menjaring nasabah, bank itu menawarkan berbagai macam produk disertai iming-iming hadiah langsung yang menarik. Alhasil, dalam pameran yang dilakukan di dua tempat, bank ini dapat menjaring 80 nasabah baru.
Bagaimana cara Bank Executive menjaring nasabah?
Jawaban atas pertanyaan di atas yang sesuai dengan isi bacaan adalah . . .
a. melakukan promosi di pasar
b. menawarkan berbagai produk berupa barang
c. menawarkan hadiah langsung yang menarik
d. mengadakan pameran di lapangan


13 Agustus 2010
  •