SOAL | Menyimpulkan isi paragraf


  • Indikator Soal : Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat menentukan simpulan paragraf tersebut

    SOAL 1 :
    Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.
    Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
    A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
    B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
    C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
    D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.

    KUNCI JAWABAN : D
    PEMBAHASAN :
    Simpulan merupakan pendapat akhir dari data yang terdapat pada isi teks bacaan. Isi teks: penyebab sakit tenggorokan (kalimat 1); sakit tenggorokan dapat pulih sendiri (kalimat 3); Namun ... persaan air jeruk lemon dan madu ... dijadikan obat sakit tenggorokan (kalimat 4). Pendapat akhir: Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan .... (sesuai data pada kalimat 1, 3, dan 4)

    Soal 2:
    Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

    Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ...
    A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
    B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
    C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
    D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam.

    Kunci Jawaban : C
    Pembahasan :
    Simpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi: fakta, pendapat, alasan pendukung mengenai tanggapan terhadap suatu objek.

    Bukti data: Tidur ... menjaga tubuh agar tetap sehat. (kalimat pertama); ... tidur 8 jam per malam, lebih sehat .... (kalimat kedua); Tidur...memulihkan sistem imun. (kalaimat ketiga); Ketika tidur... kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.(kalimat keempat)

    Soal-soal lainnya:

    Soal 1
    Berlaku curang pada saat mengukuti ulangan jika tidak diketahui guru memang menguntungkan. Bayangkan saja, tanpa harus bersusah-susah belajar, siswa yang berlaku curang mendapat nilai bagus untuk mata pelajaran yang diteskan. Namun, mereka tidak sadar bahwa kelakuan mereka ini menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian. Siswa yang dengan bersusah payah belajar mempersiapkan ulangan, nilainya lebih rendah daripada siswa yang berlaku curang dengan menjiplak jawaban temannya atau dari buku pelajaran dan catatan. Lebih parah lagi, si pelaku merasa bangga dengan nilai yang didapatkannya. Mereka tidak peduli akan teman lain yang berlaku jujur, nilainya lebih rendah daripada mereka. Bahkan, mereka menyalahkan teman-temannya karena tidak berani berlaku curang. Padahal siswa yang tidak berlaku curang telah berlaku jujur ketika mengikuti ulangan.
    Simpulan yang tepat untuk bacaan tersebut…
    a. Si pelaku kecurangan merasa bangga dengan nilai yang didapatkan.
    b. Tanpa harus belajar, siswa yang berlaku curang akan mendapatkan nilai yang baik.
    c. Berlaku curang ketika mengerjakan ulangan menimbulkan ketidakadilan antarsiswa dalam penilaian.
    d. Kita merasa prihatin terhadap tindakan siswa yang suka berlaku curang.

    Soal 2:
    Limbah atau hasil buangan kapal sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan ke laut. Mereka tidak menghiraukan pengaruh sampah-sampah dan gas buang tersebut terhadap kehidupan di laut. Padahal mereka tahu bahwa laut juga merupakan sumber penghidupan nelayan. Ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya akan pergi ke laut yang lebih dalam. Lebih parah lagi ada beberapa yang mati karena pencemaran laut tersebut.
    Simpulan isi bacaan di atas adalah…
    a. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut sering menimbulkan masalah yang sangat serius bagi biota laut, belum lagi ulah penumpang yang membuang sampah sembarangan di laut.
    b. Limbah dan sampah yang dibuang ke laut akan mencemari laut yang menjadi sumber penghidupan nelayan.
    c. Para penumpang tidak menghiraukan pengaruh sampah terhadap kehidupan biota laut.
    d. Air laut yang tercemar tidak dapat digunakan sebagai tempat ikan dan terumbu karang.

    13 Maret 2010