SOAL | Menulis Teks Pidato

SOAL | Menulis Teks Pidato-- Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang tepat

SOAL :
Dalam acara penglepasan siswa SMP Cempaka, Ahmad memberikan pidato sambutan mewakili siswa Kelas VII dan VIII.
Bagian isi pidato Ahmad yang tepat adalah ...
A. Pertahankan prestasi kalian, agar orang tua kalian semakin bangga. Harapan saya, kalian lebih sukses pada masa mendatang.
B. Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
C. Berjuanglah terus sampai titik darah penghabisan. Seperti kata bijak, di mana ada kemauan, pasti ada jalan kesuksesan.
D. Kami mengucapkan selamat dan sukses untuk Kakak. Semoga di jenjang yang lebih tinggi, Kakak lebih sukses.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

Dalam acara pengukuhan Pengurus OSIS SMP Rembulan, Aji yang terpilih sebagai ketua OSIS yang baru memberikan pidato sambutan.
Bagian isi pidato sambutan Aji yang tepat adalah ...
A. Pada kesempatan yang baik ini, saya ucapkan terima kasih. Semoga segala pengorbanan kalian, mendapat imbalan dari Tuhan.
B. Tingkatkan kinerja kalian sebagai pengurus OSIS yang baru. Segera susun program kerja yang jelas dan terarah.
C. Selamat kepada pengurus baru yang terpilih. Bapak yakin, kalian mampu menjadi tim yang solid dan saling mendukung.
D. Terima kasih kepada semua yang telah memilih saya. Untuk menjalankan amanah ini, saya berharap dukungan dari semua pihak.

Kunci Jawaban : D
Pembahasan :
Isi pidato merupakan isi persoalan yang disampaikan. Dalam penyampaiann isi pidato kita harus memperhatikan posisi orang yang berpidato. Dalam hal ini Aji bertindak sebagai ketua OSIS yang baru terpilih. Pilihan A tepat diucapkan oleh pembina OSIS kepada mantan pengurus OSIS, Pilihan B tepat diucapkan oleh pembina OSIS kepada pengurus yang baru, pilihan C berisi ucapan selamat oleh pembina OSIS atau kepala sekolah.


Indikator Soal :Disajikan teks pidato yang dirumpangkan bagian penutupnya, siswa dapat melengkapinya dengan tepat

SOAL :

Terus terang, pagi ini kami sangat senang dan bahagia. Berhasil menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya adalah cita-cita kami.
Dalam kesempatan ini kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada ibu dan bapak guru yang telah membimbing kami. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa membalas jasa ibu dan bapak guru.
Kami sadar bahwa selama belajar di sekolah ini, kami sering berbuat kesalahan. Oleh karena itu, kami mohon maaf. Demikian pula untuk adik-adik kelas VII dan VIII, kami minta maaf atas semua kesalahan kami selama bergaul dan bermain bersama.
[…]

Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah...
A. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian ibu dan bapak guru serta adik-adik, kami ucapkan terima kasih.
B. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kalian dapat melanjutkan ke sekolah pilihanmu. Atas perhatian semuanya, terima kasih.
C. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian kalian semua, bapak guru ucapkan terima kasih.
D. Demikian sambutan singkat ini, mohon maaf jika ada kekurangan. Atas perhatian dan partisipasi dan sumbangan semuanya, kami ucapkan terima kasih.

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

Soal 2:
Teks Pidato
[…]
Kami kelas VII dan Kelas VIII ikut bersyukur dan bangga atas keberhasilan kakak kelas IX yang sebentar lagi meninggalkan sekolah ini.
Kakak-kakakku,
Barangkali saja selama bersama-sama belajar di sini, kami sering merepotkan kakak. Harapan kami sudilah kiranya kakak memaafkan kami. Doa kakak kami harapkan, semoga kami dapat meraih prestasi seperti kakak. Syukur bisa lebih baik lagi.
[…]
Bagian penutup untuk teks pidato tersebut adalah ...
A. Akhirnya, kami mengucapkan selamat jalan. Mudah-mudahan cita-cita kakak semuanya tercapai.
B. Akhirnya sekian dulu sambutan singkat ini. Bapak mohon maaf jika ada kekurangan dan terima kasih.
C. Sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga lain kali dapat kita sambung lagi dengan waktu dan materi yang lain.
D. Sekian dulu yang dapat ibu sampaikan. Belajar yang rajin dan terus berprestasi di mana pun kalian berada.

Kunci Jawaban : A

Pembahasan :
Isi pidato merupakan isi persoalan yang disampaikan. Dalam penyampaiann isi pidato kita harus memperhatikan posisi orang yang berpidato. Pilihan B tepat diucapkan oleh perwakilan guru. Pilihan C tepat diucapkan oleh pembicara dalam kegiatan ceramah ilmiah. Pilihan D tepat disampaikan oleh perwakilan guru atau kepala sekolah.


Indikator Soal : Disajikan sebuah ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan paragraf bagian isi, teks pidato yang tepat

SOAL :

SMP Pembina melaksanakan program OSIS penyuluhan tentang penyalahgunaan narkoba dengan mendatangkan narasumber kondang. Sebagai ketua OSIS, Rehan menyampaikan tujuan kegiatantersebut.

Bagian isi pidato Rehan yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Selamat pagi saya ucapkan kepada Kepala Sekolah, narasumber, Bapak dan Ibu guru, dan teman-teman yang telah hadir pada acara ini.
B. Bapak ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Allah yang telah memberikan nikmat kepada kita sehingga bisa melaksanakan program ini.
C. Teman-teman yang saya sayangi, kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud agar kita bisa menjaga diri, tidak terjerumus dan terjebak dalam dunia narkoba.
D. Teman-teman, sesuai dengan program yang telah disepakati mari ikuti kegiatan ini. Semoga teman-teman bisa mengambil hikmahnya.

KUNCI JAWABAN : C
PEMBAHASAN :
Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci : pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)


Indikator Soal : Disajikan ilustrasi kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan paragraf berisi pembuka pidato sesuai ilustrasi tersebut
Soal :

SMP Kejora melaksanakan kegiatan Porseni. Sebagai ketua OSIS, Daffa menyampaikan sambutan pada pembukaan kegiatan Porseni.
Bagian isi pidato Daffa yang sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A. Bapak, Ibu dan teman-teman, pertama-tama kita panjatkan syukur ke hadirat Tuhan karena kita dapat melaksanakan program ini.
B. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Demikian dan saya akhiri terima kasih.
C. Teman-teman yang saya sayangi, marilah kita ikuti kegiatan porseni ini. Kalah dan menang dalam kompetisi adalah hal biasa.
D. Adik-adiku semua, janganlah kita budayakan bolos. Karena bolos itu tindakan yang sangat meruguikan diri sendiri.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan: Menulis/melengkapi pidato harus disesuaikan dengan ilustrasi. Cermati apakah pidato tersebut bagian pembuka, isi, atau penutup pidato. Cermati juga kata ganti yang digunakan.
Kata kunci: pembuka pidato (ucapan puji syukur dan terima kasih); isi pidato (inti yang disampaikan); penutup pidato (harapan, permohonan maaf)

Foto: Google
13 Maret 2010
  •