SOAL | Menulis pengalaman pada buku harian


Indikator Soal : Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan catatan buku harian sesuai dengan ilustrasi tersebut

SOAL :

Setelah satu semester menunggu, Sabtu, 20 Desember 2008 tepatnya pukul 08.30, rapor dibagikan oleh wali kelas. Andi Gunawan, peringkat pertama di kelas IX-9. Pengumuman itu mewujudkan impian Andi selama ini. Andi bersyukur kepada Tuhan.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Sabtu, 20 Desember 2008. Andi diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Akhirnya, impian Andi terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doanya.
B. Sabtu, 20 Desember 2008, tepatnya pukul 08.30. Wali kelas mengumumkan bahwa Andi mendapat prestasi yang membanggakan di kelas IX-9. Andi peringkat pertama di kelas.
C. Sabtu, 20 Desember 2008. Saat pembagian rapor di kelas IX-9. Saya bangga karena Andi mendapat peringkat pertama. Hal itu, sangat membanggakan bagi Andi.
D. Sabtu, 20 Desember 2008, tepatnya pukul 08.30. Namaku diumumkan sebagai peringkat pertama di kelas. Wow ... akhirnya, impianku terwujud. Terima kasih Tuhan, Engkau telah mengabulkan doaku.

KUNCI JAWABAN : D
PEMBAHASAN :
Sesuai data dalam ilustrasi, terutama data pada dua kalimat terakhir. Kata ekspresif: wow

Siang itu, tepatnya Rabu 14 Januari 2009, Audrey ditegur Pak Tanto karena lupa mengerjakan PR. Audrey sangat malu ditegur di depan teman sekelasnya. Ia beranji tidak akan lalai lagi.
Berdasarkan ilustrasi tersebut kalimat yang tepat untuk ditulis dalam buku harian adalah ...
A. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat memalukan. Tak disangka, Pak Tanto guru yang dikagumi Audrey, menegur Audrey. Ia sangat kecewa pada Pak Tanto, guru matematika itu.
B. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang tidak akan dilupakannya. Pak Tanto guru yang sangat dikagumi, menegur gara-gara Audrey lupa tidak mengerjakan PR.
C. Rabu, 14 Januari 2009, hari yang sangat berat bagi Audrey. Pak Tanto guru matematika itu, menegur gara-gara Audery lupa tidak mengerjakan PR.
D. Rabu, 14 Januari 2009, hari itu aku merasa sangat malu. Sedih sekali. Pak Tanto guru yang kukagumi, menegurku gara-gara aku lupa tidak mengerjakan PR. Aku janji tidak akan lupa lagi.

Pembahasan
Buku harian berisi pengalaman seseorang yang paling berkesan. Isinya terdiri atas pengalaman paling berkesan, waktu, dan waktu yang dituangkan dengan kalimat yang ekspresif. Biasanya dalam pengungkapannya penulis menggunakan kata ganti orang pertama (saya, aku).
Kunci Jawaban: D

Senin, 10 Juni 2006 Nelly terlambat bangun. Biasanya ia bangun pukul 05.00, gara-gara ia nonton final “World Cup” antara Perancis melawan Italia. Kebiasaan rutinnya seperti menyapu dan membersihkan tempat tidur pun tidak dikerjakan.
Kalimat yang tepat dituliskan dalam buku harian berdasarkan ilustrasi tersebut adalah . . . .
a. Aku bangun kesiangan, ibu marah-marah karena pekerjaan rutinku tidak kukerjakan gara-gara aku nonton sepak bola.
b. Hari ini, Senin 10 Juni 2006, aku bangun kesiangan gara-gara menonton siaran langsung final “World Cup” dan itu membuat ibuku marah-marah karena pekerjaan rutinku tidak kukerjakan.
c. Gara-gara aku nonton sepak bola, aku bangun kesiangan dan ibuku lupa membangunkan aku sehingga pekerjaan rutinku tidak kukerjakan padahal biasanya aku bangun pukul 05.00.
d. Gara-gara aku bangun kesiangan, ibuku membangunkan aku setelah pukul 07.00. Ini karena tadi malam aku nonton final “World Cup” sampai larut malam.

Kutipan kalimat di buku harian berikut semuanya ekspresif, namun yang bernilai positif adalah . . . .
a. Hari ini aku bosan banget. Soalnya nggak ada kegiatan apapun. Jadi pengen tidur melulu. Kucoba menyapu halaman, eh ... malah menguap terus. Setelah itu, kubawa aja jalan-jalan ke rumah teman, masih saja menguap melulu. Akhirnya kubawa aja ke tempat tidur sampai puas.
b. Hai, diary. Hari ini saya senang sekali karena nilai bahasa Indonesia saya cukup memuaskan. Tapi, saya tidak terpaku sampai di sini, justru ini adalah motivasi saya untuk lebih siap saat ujian nasional nanti. Kalau dipikir-pikir ngeri juga ya dengar kata ujian nasional, tapi mau gimana lagi, itu sudah kewajiban siswa kelas tiga, seperti saya ini.
c. Dear diary. Hari ini gak ada yang berkesan. Semuanya kulewati seperti biasanya. Pagi upacara bendera. Setelah itu kami kembali belajar di kelas. Pokoknya semuanya biasa aja deh....
d. Hari ini aku telat bangun pagi. Gara-garanya aku tadi malam terlambat tidur karena aku mengerjakan tugas dari sekolah.


Pada hari libur saya berkunjung ke rumah Saputro Andi (1). Dia teman sekelasku dan biasa di panggil Andi (2). Sesampainya di rumah tersebut, saya bertemu dengan seorang bapak (3). Kemudian saya bertanya kepadanya, “Pak, Andi ada ?”. “ada “,saya sendiri menjawabnya (4). Saya malu, rupanya Andi adalah nama Ayahnya (5).
Kejadian yang menarik pada catatan buku harian di atas terdapat pada kalimat ke ….
a. ( 1 )
b. ( 3 )
c. ( 4 )
d. ( 5 )

Salah satu catatan buku harian yang paling menarik adalah ....
a. Kamis, 9 Februari 2010
Diundang teman untuk berlibur di Pantai Parangtritis. Orang tua mengizinkan.
Sangat gembira
b. Jum’at, 21 April 2010
Jatuh terpeleset di depan rymah, kaki sakit, cari tukang pijit.
c. Kamis, 14 desember 2010
HUT-ku yang ke-14. Ada pesta sederhana di rumah. Teman yang diundang lebih 20 orang. Teman yang datang, maka …….!
d. Minggu, 17 Desember 2010
Ke rumah teman, pulang sudah malam, lupa membuat PR bahasa Indonesdia. Guru marah.
13 Maret 2010
  •